Peduli Kasih Warga Kawanua di Wamena, Pemkab Minahasa Kirimkan Bantuan

Spread the love

 

MINAHASA,ViralBerita.net – Menindak lanjuti pengungsi warga Minahasa di Wamena Papua, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, MSi kepada sejumlah wartawan pada Jumat, (4/10/2019) menyampaikan bahwa pemkab Minahasa sudah mengirimkan Kepala Dinas sosial Royke Kaloh dan Kepala Badan penanggulangan bencana Johanes Pesik, dimana saat ini mereka sudah tiba di sentani dan sudah ada komunikasi dengan saudara saudara yang di pengungsian.

“Demikian juga dengan kerukunan keluarga kawanua disana, jadi apa yang saudara saudara kita disana harapkan itu tentunya yang akan di respon oleh pemerintah kabupaten yang ditopang penuh pemprov sulut,” papar Bupati ROR.

Bupati ROR melanjutkan, semoga tidak ada lagi hal- hal yang mengkuatirkan bagi saudara saudara kita disana karena respon juga masyarakat di papua secara umum menjamin keamanan mereka, termasuk tentu dari pihak aparat baik TNI maupun Polri dan juga mereka ditopang penuh oleh kerukunan keluarga kawanua.

“Kami berharap kepada keluarga-keluarga disana kalaupun ada yang akan pulang atau tetap disana tentu kita akan menjawab apa yang mereka harapkan,” ungkapnya.

Sementara itu Tim Pemkab Minahasa saat tiba di Sentani langsung menuju lokasi pengungsian di BTN Dunlop Sentani dan Kihiran Sentani.

Jumlah data pengungsi se-sulut yang di wamena sebanyak 835. Dari dialog yang dilakukan ternyata yang dibutuhkan adalah bagaimana caranya para pengungsi yang masih berada di Wamena untuk keluar karena banyaknya pengungsi, untuk makanan dan pakaian tidak ada masalah namun kebutuhan untuk pulang ke Manado karena merasa tidak kondusif lagi untuk tinggal di Wamena.

Para pengungsi sempat melakukan pertemuan dengan Bupati Jayawijaya dimana Minahasa mengutus kepala dinas sosial dan kepala badan penangulangan bencana Kabupaten minahasa untuk menyerahkan bantuan.
Bantuan makanan ke pengungsi wamena dikirim menggunakan pesawat herkules.

Disamping pengungsi yang ditampung saat ini, juga banyak pengungsi yang ditampung langsung oleh keluarga masing – masing bahkan ada yang sudah melanjutkan perjalanan pulang ke Manado

( Vincent Lengkong )

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *