Ini Tujuannya Kadis Pertanian Yeittij Roring,SP, Sambangi Dirjen Kementerian PSP

 

MINAHASA,ViralBerita.net – Kadis Pertanian Yeittij Roring, SP Didampingi Kabit Holtikultura Ir. Elke Rambing Sering bersama Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Sarwo Edhy Kementerian Pertanian (Kementan) sambangi Ruang Kerja Dirjen Kementrian Pertanian PSP. pada Jumat (27/9/2019)

Usai pertemuan bersama dengan Dirjen Pertanian PSP, Kadis Pertanian Yeittij Roring kepada wartawan menyampaikan program  peningkatkan strategi pertanian dan kegiatan operasional guna mendukung peningkatan produksi hingga tahun 2024 mendatang.

“Strateginya dengan peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan lahan dan air, peningkatan infrastruktur dan sarana, penguatan kelembagaan petani, pengembangan dan penguatan pembiayaan pangan dan pertanian,”Ucap Yeittij.

Lanjut Kadis Pertanian Yeittij Roring, SP Adapun strategi operasional untuk 2020-2024 terdiri dari pengembangan lahan yang tidak terpakai sementara dilaksanakan pengembangannya. lahan kering dan tadah hujan (rainfed) 4 juta ha, peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari 100 menjadi 200-300, moderenisasi pangan dan pertanian (mekanisasi), hingga pengembangan korporasi petani dan asuransi padi dan sapi/kerbau.

Strategi tersebut kemudian diturunkan menjadi kegiatan operasional yang meliputi rehabilitasi jaringan irigasi tersier, irigasi perpompaan, irigasi perpipaan, cetak sawah, optimasi lahan, alat dan mesin pertanian pra panen, pembangunan embung pertanian, bangunan konservasi air dan antisipasi anomali iklim.

“Termasuk pengawalan penyaluran pupuk bersubsidi, asuransi usaha tani padi (AUTP), asuransi usaha ternak sapi/kerbau (AUTS/K). “Tutur nya.

Lebih lanjut Kadis Pertanian Kabupaten Minahasa Yeittij Roring,SP menyampaikan, Sejak 1 satu tahun kepemimpinan ROR – RD melalui Dinas Pertanian telah melakukan rehabilitasi dan pembangunan jaringan irigasi,  pembangunan sumber-sumber air, alat dan mesin pertanian pra panen juga pascapanen, optimasi lahan.
Kegiatan operasional tersebut telah terbukti positif meningkatkan produksi selama ini,”Tuturnya.

Kadis Pertanian Yeitti Roring,SP menambahkan hasil pertemuan tersebut program utama Kementerian Pertanian untuk optimalisasi lahan rawa melalui kegiatan Serasi, Sarwo Edhy menuturkan strateginya berfokus pada peningkatan produktivitas dan meningkatkan indeks pertanaman (IP).

Kegiatan yang dilakukan yakni pembuatan tanggul, penataan jaringan irigasi dan pembangunan pelengkapnya, pemasangan pompa air, dan lainnya. Targetnya, tahun 2019 – 2020 tercapai sehingga kepada Kepala Dinas Pertanian di seluruh Indonesia supaya menginventarisir lahan rawa lebak dan diusulkan ke Kami untuk program 2020. Targetnya 1 juta ha,” kata Sarwo Edhy. Target 500 ribu yang ditetapkan diakui Sarwo masih mengalami beberapa kendala di lapangan. semoga provinsi lainnya yang sudah mengusulkan harapnya.

( Vincent Lengkong )

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *