Minahasa Utara

Sanitasi Pasar Airmadidi Kategori Baik, Tacoh : Kesadaran Masyarakat Penting !

MINUT, VIRALBERITA.NET – Puskesmas Airmadidi melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan sanitasi pasar Airmadidi terhadap pengaruh-pengaruh yang timbul oleh pasar yang berhubungan dengan timbul dan merebaknya wabah penyakit ditempat dimana masyarakat mendapatkan bahan makanan dan pangan yang aman dan bergizi, selasa 30/7/2019.

Direktur Estrella Tacoh, Kabid Perdagangan Donny Rondonuwu, Direktur Pasar Oskar Poli dan Tim sanitasi Puskesmas Airmadidi selesai sanitasi pasar

Menurut Kepala seksi kesehatan lingkungan kerja dan olahraga Lourens Kapo, SKM kegiatan pengawasan pasar dilakukan rutin 3-6 bulan mengecek kondisi sampah, limbah, air bersih, toilet, pangan dan makanan.

Menurutnya, Pasar Airmadidi berkategori baik , letak bangunan, tempat berjualan daging, air bersih, pengelolahan sampah, pengelolaan makanan dan minuman serta alat penunjang sanitasi dengan presentasi capaian yang memenuhi syarat.

Untuk lebih meningkatkan kondisi pasar mereka memberi masukan kepada pengelola pasar Airmadidi agar sampah basa dan kering dipisahkan dan ditutup serta menyarankan para pedagang menyiapkan plastik sampah agar sampah tidak berhamburan tapi langsung ditaruh dalam plastik.

Mereka juga menyarankan agar penataan pasar semakin bagus, tempat jualan sayuran, buah, barito serta ikan disendirikan jangan dicampur. bahkan saluran pembuangan limbah yang rusak supaya segera diperbaiki.

Direktur PD Klabat Estrella Tacoh menyampaikan, sekalipun keadaan pasar Airmadidi semakin lebih baik dari sebelumnya, dirinya akan terus menata dan membangun pasar Airmadidi menjadi pasar yang terbaik terlebih menjaga kebersihan pasar sehingga mencegah timbulnya berbagai wabah penyakit. Tacoh berharap kerjasama yang baik dari masyarakat.

” Semua saran merupakan harapan kami kedepan berbarengan dengan pembangunan pasar, khususnya mencegah faktor-faktor yang menyebabkan timbul dan berkembangnya wabah penyakit. Namun, saya minta kerjasama yang baik dengan masyarakat yang ada. khususnya, untuk tidak membuang sampah sembarangan,” paparnya didampingi kabid perdagangan Dony Rondonuwu, Direktur pasar Oskar Poli dan Kepala pasar Paulus Umboh.

Menurutnya, dirinya tak henti-henti meminta kepada pengelolah pasar, Direktur dan kepala pasar Airmadidi untuk mensosialisasikan kepada masyarakat soal sampah. bahkan saat ini kami akan menyediakan TOA sehingga bisa mengingat kan lewat pengeras suara.

“Kesadaran Masyarakat  itu penting! Sekalipun kami mengingatkan tapi kalau tidak ada kerjasama dengan masyarakat gak ada gunanya. kerjasama masyarakat harus ada, sehingga mampu meningkatkan kesehatan lingkungan dan manusia,” tuturnya.

Tacoh mengharapkan dengan menciptakan lingkungan yang bersih dn indah kita juga menunjang penilaian Adipura.

(Deibby Malongkade)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button