Berita TerkiniMinahasa Utara

Bupati VAP Hadiri Musrenbang Nasional 2019 Dalam RKP 2020

MINAHASA UTARA, viralberita.net -Bupati Minahasa utara Vonnie A. Panambunan menghadiri Pembukaan Musrenbangnas 2019 dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (RKP) Tahun 2020 dilaksanakan di Ball Room Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Acara rutin satu tahunan ini mengusung tema Pemerataan Pembangunan untuk Peningkatan sumber manusia yang berkualitas dan dihadiri oleh ratusan kepala daerah.

Presiden Jokowi menyampaikan peluang Indonesia menjadi negara terkuat dalam bidang ekonomi, dengan didukung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai  Visi Indonesia 2045 oleh Bappenas, gagasan Presiden Jokowi dikenal dengan nama Impian Indonesia 2045.

“Indonesia punya peluang besar menjadi  negara ke-4 atau ke-5 terkuat ekonomi dunia di tahun 2045,” kata Jokowi saat membuka Musrembangnas.

Dalam rangka mewujudkan visi indonesia maju, fokus utama pembangunan bangsa adalah pembangunan manusia dengan pengentasan kemiskinan, penguatan infrastruktur, pengembangan nilai tambah industri, ketahanan pangan, energi, air dan lingkungan hidup, serta stabilitas dan ketahanan politik maupun sosial.

Untuk menuju Indonesia maju perlu menyelesaikan berbagai pembangunan seperti Infrastruktur, konektivitas dengan pusat-pusat produksi, kawasan industri, sentra ekonomi, reformasi birokrasi, deregulasi dan debirokrasi, pemangkasan, organisasi semakin sederhana.  Penyederhanaan perizinan, peningkatan investasi serta berorientasi pada ekspor dan substitusi barang-barang impor.

“Sumber daya manusia  berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehat dan produktif. Serta inovasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambah Jokowi.

Bupati Vonnie A. Panambunan (VAP) sepakat dengan konsep pembangunan presiden dengan berharap tetap ada pemerataan pembangunan  infrastruktur di daerah,  serta tetap ada sinergitas dan koneksitas pembangunan pusat dengan daerah.

“Usulan pembangunan Minahasa Utara tahun 2020 nantinya akan diusulkan dan dibahas dengan pemerintah pusat, mengingat Minut merupkan daerah yang memiliki pulau terluar sehingga ada perhatian khusus pemerintah pusat untuk menjadikan pulau-pulau terluar terdepan dan termaju,” kata Bupati VAP.

Bupati VAP didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Drs Allan Mingkid, Kepala Bappelitbang Arnolus Wolajan SSTP MSi dan Kabag Humas dan Protokol Chresto F Palandi SSTP MSi ikut.

(Adv/Deibby)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button